Detail Cantuman Kembali
SITI AISYAH - Personal Name

Penegakan Hukum Tindak Pidana Suap Dalam Pengaturan Skor Pada Pertandingan Sepak Bola Liga Profesional Di Indonesia

Siti Aisyah, NIM. 1608015078, Samarinda 5 April 1998, Minat Studi Hukum Pidana, Penegakan Hukum Tindak Pidana Suap Dalam Pengaturan Skor Pada Pertandingan Sepak Bola Liga Profesional Di Indonesia, di bawah bimbingan Bapak Dr. Mahendra Putra Kurnia, S.H.,M.H selaku pembimbing pertama dan Ibu Rini Apriyani S.H.,M.H selaku pembibing pendamping.
Pada pertandingan sepak bola saat ini mulai disusupi oleh pelaku kriminal dalam kasus manipulasi pertandingan atau pengaturan skor yang lebih dikenal dengan match fixing. Adanya beberapa kasus tindak pidana pengaturan skor yang terjadi yang lolos dari jeratan hukum pidana dan hanya mendapatkan sanksi administrasi saja sesuai dengan Kode Disiplin PSSI. Sedangkan pengaturan skor tidak hanya melanggar aturan yang ada pada federasi sepak bola, namun didalam fenomena pengaturan skor terdapat delik pidana atau tindak pidana suap. Pengaturan serta penegakan hukum terhadap tindak pidana suap pengaturan skor dirasa tidak cukup memenuhi rasa keadilan dan kepastian hukum bagi masyarakat.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian hukum doktrinal. Bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan hukum primer yang berupa ketentuan perundang-undangan serta aturan lainnya dibawah undang-undang yang relevan dan berkaitan dengan penelitian, bahan hukum sekunder berupa literatur-literatur yang berkaitan dengan masalah penelitian, dan bahan hukum tersier seperti surat kabar, ensiklopedia, Kamus Hukum dan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Sesuai dengan asas lex spesialis derogat legi generali yang merupakan hukum khusus menyampingkan hukum umum yang dimana pelaku tindak pidana suap pengaturan skor dapat dikenakan hukum pidana pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1980. Sehingga penegakan hukum pidana dapat diterapkan dalam kasus tindak pidana suap pengaturan skor dengan ancaman pidana penjara dan denda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Penegakan Hukum Tindak Pidana Suap Dalam Pengaturan Skor Pada Pertandingan Sepak Bola Liga Profesional Di Indonesia
Pengarang SITI AISYAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIT p 2023
Subyek Penegakan, Tindak Pidana Suap, Pengaturan Skor, Se
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan Ilmu Hukum
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua