PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMAN 11 SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap hasil belajar fisika di SMAN 11 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey dan tes. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 105 orang yang merupakan seluruh peserta didik kelas XI Peminatan Fisika di SMAN 11 Samarinda semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan bootstrap multiple regression dengan bantuan program SPSS 25. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor rata-rata kemandirian belajar sebesar 69,27 dan hasil belajar sebesar 65,90. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar peserta didik memiliki pengaruh terhadap hasil belajar fisika. Hal ini dilihat dari nilai lower 0,170 dan upper 0,741 yang bernilai positif, juga nilai (Sig.) < probabilitas yaitu 0,005 < 0,05 yang menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan nilai koefisien regresi linear diperoleh sebesar 0,467 dengan persamaan regresi
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMAN 11 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Dhea Puspita Sari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DHE p 2023 |
Subyek | Hasil Belajar kEMANDIRIAN BELAJAR fisika |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Fisika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY