Pemanfaatan Media sosial Dalam Menciptakan Personal Branding Pada Beauty Vlogger Meyfang
Penggunaan sosial media sangat penting di zaman modern karena masyarakat luas telah menggunakan sosial media sebagai lifestyle dikehidupan bermasyarakat dan juga sosial media sangat popular dikalangan anak muda. Sosial media yang saat ini banyak digunakan oleh kalangan anak muda adalah aplikasi instagram. Personal branding di era digital saat ini menjadi hal yang unik dan penting untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri. Tujuan penelitian untuk mengetahui Meyfang sebagai Beauty Vlogger dalam membentuk Personal Brandingnya di Instagram. Teori yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan teori Uses and Gratification Katz dan Blummer. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan siklus mulai pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Instagram di manfaatkan Meyfang untuk mendukung proses kegiatan mem-branding dirinya, membentuk citra diri, menciptakan persepsi publik, serta menampilkan kelebihan yang ia miliki. Kesadaran akan keunikan dirinya dapat dilihat dari konten yang dihasilkan dan dikemas sesuai dengan karakter yang kuat di setiap feed-nya, agar dapat diterima baik oleh para pengikut konten Meyfang. Faktor pendukung lainnya yaitu, jaringan internet dan fitur Instagram yang tersedia. Kesimpulannya bahwa beauty vlogger Meyfang memiliki ciri-ciri eksistensi diri. Hal ini sangat berkaitan dengan menggunakan media dalam memenuhi kebutuhan dan mendapatkan sesuatu yang menyenangkan. Munculnya rasa percaya diri karena ber-make-up atau review skincare merupakan sesuatu yang menyenangkan sehingga rasa percaya diri yang didaptkan dari dukungan positif teman dekat maupun pengguna Instagram lainnya.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pemanfaatan Media sosial Dalam Menciptakan Personal Branding Pada Beauty Vlogger Meyfang |
---|---|
Pengarang | Rizky Meilinda - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIZ p 2023 |
Subyek | Instagram, beauty vlogger, personal branding, uses and gratification |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY