Detail Cantuman Kembali
REZA KURNIAWAN SAPUTRA - Personal Name

ANALISIS PENGELOLAAN KELAS SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS IV SD NEGERI 004 TANJUNG REDEB TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

Reza Kurniawan Saputra, 2023. Analisis Pengelolaan Kelas Selama Pembelajaran Daring Di Kelas IV SD Negeri 004 Tanjung Redeb. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Iksam, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Hety Diana Septika, S.Pd M.Pd Selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pengelolaan kelas serta kendala guru dan siswa dalam pembelajaran daring di SD Negeri 004 Tanjung Redeb. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Bagaimana pengelolaan kelas selama daring, 2) mengetahui kendala guru dan siswa dalam pengelolaan kelas secara daring di SD Negeri 004 Tanjung Redeb. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru memelihara kondisi belajar yang optimal mencakup kemampuan menanggapi, memberikan perhatian, dan memusatkan perhatian selama pembelajaran daring di SD Negeri 004 Tanjung Redeb.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 004 Tanjung Redeb pada saat semester 1. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV yang berjumlah 3 guru dan peserta didik di SD Negeri 004 Tanjung yang terdiri atas 3 kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang dibutuhkan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, alat perekam, kamera, serta alat tulis. Tehnik analisis data ini menggunakan model Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengelolaan kelas selama pembelajaran daring di SD Negeri 004 Tanjung Redeb yaitu, pelaksanaan pengelolaan kelas pembelajaran daring di SD Negeri 004 Tanjung Redeb sudah terlaksana dengan baik. Guru dan siswa menggunakan WhatsApp dan Zoom dalam memberikan infomasi dan tugas pembelajaran, walaupun pembelajaran daring guru tetap membuat perencanaan dengan membuat perangkat pembelajaran daring dan kegiatan pembelajaran daring (kegiatan pembuka, membuat materi selama daring, penyampaian materi dan evaluasi), (2) Kendala guru dan siswa dalam pembelajaran daring SD Negeri 004 Tanjung Redeb, adapun kendala yang dihadapi guru, yaitu: Faktor kendala internal guru ialah kemampuan dalam penggunaan teknologi. Dan Faktor kendala internal yang dihadapi siswa, yaitu: kurangnya motivasi belajar, dan pemahaman materi. Faktor kendala eksternal yang di hadapi guru, yaitu koneksi jaringan, kurangnya pengawasan orang tua. Faktor kendala eksternal yang di hadapi siswa, yaitu: koneksi jaringan tidak stabil dan kurangnya pendukung fasilitas pembelajaran siswa, seperti: kuota internet, koneksi jaringan serta gawai sebagai alat komunikasi yang tidak dimiliki oleh siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENGELOLAAN KELAS SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS IV SD NEGERI 004 TANJUNG REDEB TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022
Pengarang REZA KURNIAWAN SAPUTRA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI REZ a 2023
Subyek Pengelolaan kelas, Pembelajaran Daring
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua