PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MULAWARMAN
Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Kadori Haida, M.M selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Ratna Fitria Astuti, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing II. Pemilihan konsumsi yang dilakukan mahasiswa tidak lagi menunjukkan pada kemampuan untuk membedakan mana kebutuhan pokok, kebutuhan mendesak dan mana kebutuhan tidak pokok. Perilaku konsumsi mahasiswa modern kemudian dihubungkan dengan penggunaan media sosial dan lingkungan sosial. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan lingkungan sosial terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. Penelitian menggunakan jenis penelitian asosiatif kausal, dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan adalah 87 mahasiswa yang terdiri dari 19 mahasiswa Program Studi Ekonomi pembangunan, 30 mahasiswa Program Manajemen, 29 mahasiswa Program Akuntansi, 9 mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner, sedangkan analisis data menggunakan teknis analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan antara penggunaan media social dan lingkungan sosial terhadap perilaku konsumsi. Penggunaan media sosial dan lingkungan sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku konsumsi. Berdasarkan temuan penelitian diketahui bahwa ketika mahasiswa media sosial membuat mahasiswa semakin mudah untuk mengakses atau memenuhi kebutuhannya. Lingkungan sosial dalam penelitian ini dapat dilihat dari aktivitas rutin yang dilakukukan mahasiswa ketika menentukan prioritas untuk memenuhi kebutuhan dalam kegiatan sehari-hari. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dan lingkungan sosial mahasiswa dapat berpengaruh terhadap perilaku konsumsi yang ditunjukkan dari bagaimana mahasiswa melakukan pembelian suatu barang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MULAWARMAN |
---|---|
Pengarang | Yudha Rizky Pratama - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YUD p 2023 |
Subyek | Perilaku Konsumsi Penggunaan media sosial Lingkungan sosial |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY