Detail Cantuman Kembali
NINA ANDRIANA - Personal Name

PENGARUH FORMULASI AIR CUCIAN BERAS DENGAN DAUN KELOR SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR PADA PERTUMBUHAN TANAMAN JAHE MERAH (Zingiber officinale var.rubrum) (Sebagai Praktikum Materi Pelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman. Pengaruh formulasi air cucian beras dengan daun kelor sebagai pupuk organik cair terhadap pertumbuhan tanaman jahe merah (Zingiber officinale var.rubrum). Penelitian ini dibawah bimbingan ibu Dr. Vandalita, M.M Rambitan, M.P, selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Hj. Herliani, M.Pd, selaku pembimbing II. Penelitian ini memanfaatkan air cucian beras dengan daun kelor yang mengandung unsur hara vit A, vit B, vit C, C, N, dan P untuk pertumbuhan tanaman jahe merah (Zingiber officinale var.rubrum). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh formulasi air cucian beras dengan daun kelor dan untuk mengetahui dosis terbaik dari pupuk organik cair air cucian beras dengan daun kelor yang tepat terhadap pertumbuhan tanaman jahe merah (Zingiber officinale var.rubrum). Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan yaitu P0 (kontrol), P1 (10ml), P2 (20ml), P3 (30ml), P4 (40ml) dan 5 pengulangan. Parameter yang digunakan yaitu tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), dan berat rimpang tanaman jahe merah (Zingiber officinale var.rubrum) (gram). Hasil pengamatan menunjukkan Fhitung dari masing-masing Perlakuan terhadap tinggi tanaman secara berturut-turut sebesar 3,87, 4,95, 5,22>Ftabel0,05 (3,01), hasil pengamatan menunjukkan Fhitung dari masing-masing Perlakuan terhadap jumlah daun tanaman secara berturut-turut sebesar 8,26, 7,49, 7,72>Ftabel0,05 (3,01)selama 4, 8, 12 MST. dan hasil pengamatan menunjukkan Fhitung Perlakuan terhadap jumlah berat rimpang tanaman 3,58> Ftabel 0,05 (3,01) sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh formulasi air cucian beras dengan daun kelor sebagai pupuk organik cair terhadap pertumbuhan tanaman jahe merah (Zingiber officinale var. rubrum) dan dosis terbaik untuk pertumbuhan tanaman jahe merah (Zingiber officinale var. rubrum) yaitu perlakuan pemberian pupuk organik cair air cucian berasdengan daun kelor 20ml.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH FORMULASI AIR CUCIAN BERAS DENGAN DAUN KELOR SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR PADA PERTUMBUHAN TANAMAN JAHE MERAH (Zingiber officinale var.rubrum) (Sebagai Praktikum Materi Pelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan)
Pengarang NINA ANDRIANA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NIN p 2023
Subyek Pupuk Organik Cair, Air Cucian Beras, Daun Kelor,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN BIOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua