STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI MASA PANDEMI DAN ENDEMI PADA “OUTCAST BARBERSHOP" SAMARINDA
Faradilla Annisa, 2023. Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Masa Pandemi dan Endemi pada “Outcast Barbershop” Samarinda, dibimbing oleh Rr. Marliana Wahyuningrum, S.E., MM “Outcast Barbershop” merupakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak dibidang jasa dalam memangkas rambut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mengevaluasi efektivitas penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan di masa pandemi dan endemi pada “Outcast Barbershop” Samarinda. Strategi pemasaran yang digunakan pada penelitian ini ialah bauran pemasaran 7P (Produk, Harga, Tempat, Promosi, Sarana Fisik, Orang dan Proses) dikhususkan untuk usaha yang bergerak dibidang jasa. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara secara tidak struktur kepada Key Informant dan Informant, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan startegi pemasaran pada “Outcast Barbershop” dapat mempertahankan dan meningkatkan volume penjualan usaha yaitu: (1) Produk dengan memberikan pelayanan jasa, (2) Harga yang diberikan terjangkau, (3) Tempat perpindahan lokasi usaha ke kawasan strategis, (4) Promosi yang dilakukan seperti home service, dan kolaborasi dengan UMKM, (5) Sarana fisik sudah menggambarkan identitas usaha dan fasilitas untuk kebutuhan usaha, (6) Orang dengan pelaku usaha yang memiliki pengalaman dibidangnya dan (7) Proses melakukan protokol kesehatan dan Standar Operasi Prosedur (SOP) tidak tertulis. Rekomendasi yang dapat dilakukan seperti menambah pelayanan jasa seperti creambath, hairspa, hair tattoo dan lain-lain untuk membedakan dengan barbershop lainnya. Serta memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai alat untuk memperkenalkan usaha dan meluaskan pangsa pasar.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI MASA PANDEMI DAN ENDEMI PADA “OUTCAST BARBERSHOP" SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Faradilla Annisa - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FAR s 2023 |
Subyek | Strategi Pemasaran Volume penjualan Masa pandemi dan endemi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Administrasi Bisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY