Detail Cantuman Kembali
Alexander Octafieri - Personal Name

DAMPAK SOSIAL EKONOMI TERHADAP PROGRAM REBOISASI PASCATAMBANG (KASUS PT. KELIAN EQUATORIAL MINING KAMPUNG LAKAN BILEM KABUPATEN KUTAI BARAT)

ALEXANDER OCTAFIERI, Program Studi S1 Pemerintahan Integratif Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Dampak Sosial Ekonomi Terhadap Program Reboisasi Pascatambang (Kasus PT. Kelian Equotorial Mining Kampung Lakan Bilem Kabupaten Kutai Barat). Dibawah bimbingan bapak Dr. Muhammad Arifin, M. Hum. Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui, Persepsi dan Dampak Sosial Ekonomi Masyarakat Terhadap Program Reboisasi oleh PT. Kelian Equotorial Mining dari Pascatambang yang membuat adanya hutan Lindung dikampung Lakan Bilem. Tujuan Untuk mengetahui, dampak sosial dari Reboisasi yang dilakukan oleh PT. Kelian Equotorial Mining dikampung Lakan Bilem. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik Purvosive Sampling dan accidental sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan dekskripsi pada masing masing variable yang di teliti. Analisi data model interaktif dari B. Milles dan A. Huberman, yang diawali dengan reduksi data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dampak Sosial Masyarakat dan presepsi masyarakat yang ada dikampung lakan bilem Melalui Program Reboisasi sehinggga terbentuknya hutan lindung yang ada dikampung lakan bilem. penelitian yang sudah dilakukan berbagai persepsi yang disampaikan baik hal hal yang positif maupun hal yang negatif dengan demikian pemerintah desa dapat menampung setiap presepsi masyarakatkatnya, itu terkhususnya bagi masyarakat yang masih kurang mampu, dan dari hasil hutan desa ini masyarakat dapat belajar berwirausaha dan dapat mengembangkan skill ataupun kemampuan yang dimiliki oleh setiap masyarakat sehingga dapat memperoleh sebuah penghasilan yang cukup menguntungkan, contohnya seperti karya karya hasil kerajinan tangan yang dibuat dari kayu, rotan, dan lainnya bahkan mengolah hasil panen durian yang dijadikan tempoyak kemudian dari hasil pengolahan ini dapat dijual lagi dengan harga yang cukup tinggi. Beberapa vi dampak yang dirasakan oleh masyarakat setelah adanya reboisasi dikampung lakan bilem. Kemudian selain dari pada itu pemerintah juga dapat mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan masyrakat melalui presepi masyarakat dan dampak sosial ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat seperti dibidang lapangn pekerjaan dan lainnya dapat dianggap program ini banyak memberikan dampak dampak positif bagi masyaraktnya walapun ada beberapa dampak yang dialami oleh masyarakat hal ini menjadi koreksi bagi pemerintah agar dpat mengembangkan desanya menjadi lebih baik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul DAMPAK SOSIAL EKONOMI TERHADAP PROGRAM REBOISASI PASCATAMBANG (KASUS PT. KELIAN EQUATORIAL MINING KAMPUNG LAKAN BILEM KABUPATEN KUTAI BARAT)
Pengarang Alexander Octafieri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ALE d 2023
Subyek Sosial Ekonomi
Persepsi masyarakat
Dampak Sosial
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Pemerintahan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua