Analisis Komunikasi Pemasaran Rumah Ulin Arya sebagai Destinasi Wisata di Samarinda
Latar belakang penelitian ini adalah dapat menganalisis Komunikasi Pemasaran Rumah Ulin Arya sebagai Destinasi Wisata di Samarinda. Dibawah bimbingan Ibu Hj. Hairunnisa,S.Sos., M.M., selaku dosen pembimbing I dan Ibu Kheyene Molekandela Boer., Sos., M.I.Kom., selaku dosen pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Kemajuan perkembangan destinasi wisata yang semakin pesat menjadikan munculnya tingkat persaingan usaha dalam bidang pariwisata ini semakin ketat. Salah satu destinasi yang menarik adalah Rumah Ulin Arya merupakan destinasi wisata buatan yang cukup terkenal di Samarinda dengan jumlah kunjungan sebanyak 13.580 pengunjung pada tahun 2019. Dalam upaya mengenalakan dan menawarakan produk atau jasa kepada para wisatawan diperlukan metode bauran komunikasi pemasaran. Integrated Marketing Communication mencakup periklanan atau advertising, promosi penjualan atau sales promotion, penjualan personal atau personal selling, pemasaran langsung atau direct selling, serta publisitas atau publicity. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan pengambilan informan menggunakan Teknik purposive sampling. Implementasi Integrated Marketing Communication Rumah Ulin Arya diantaranya (1) periklanan (advertising) yang dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan media sosial dan media internet, (2) Promosi Penjualan (Sales Promotion) yang dilakukan oleh Rumah Ulin Arya adalah dengan mengikuti kegiatan pameran dan mengadakan diskon pada event tertentu, (3) Penjualan Personal (Personal Selling) yang dilakukan oleh Rumah Ulin Arya adalah melalui customer service yang ada pada website dan pada media sosial, (4) Pemasaran Langsung (Direct Marketing) yang dilakukan Rumah Ulin Arya adalah melalui pengajuan proposal langsung kepada lembaga atau perusahaan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Komunikasi Pemasaran Rumah Ulin Arya sebagai Destinasi Wisata di Samarinda |
---|---|
Pengarang | Kunti Nailan Fiddini - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI KUN a 2023 |
Subyek | Komunikasi Pemasaran Destinasi Wisata Integrated Marketing Communication (IMC) |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY