Detail Cantuman Kembali
Andi Setiawan - Personal Name

ANALISIS KUALITAS TENAGA KERJA LOKAL DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN TENAGA KERJA KOTA SAMARINDA DI DINAS TENAGA KERJA KOTA SAMARINDA

Andi Setiawan, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Samarinda, Analisis Kualitas Tenaga Kerja Lokal Dalam Menghadapi Persaingan Tenaga Kerja Kota Samarinda Di Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda, Dibawah Bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si dan Bapak Budiman, S.IP. M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tenaga kerja lokal dalam menghadapi persaingan tenaga kerja Kota Samarinda di Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang di peroleh dari observasi, wawancara serta dokumentasi terkait kualitas tenaga kerja lokal. Adapun fokus penelitian ini adalah tingkat pendidikan (knowledge),pelatihan/kursus(skill),loyalitas,disiplin,etoskerja(abilities)dan faktor penghambat Dinas tenaga kerja dalam memberikan kesempatan kerja. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif terdiri dari empat alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan /verifikasi.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kualitas tenaga kerja lokal Kota Samarinda mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari partisipasi tenaga kerja pada tingkat pendidikan terdafttar yang semakin baik setiap tahunnya, program pelatihan/kursus serta kerja sama dengan banyak pihak yang disediakan Dinas Tenaga kerja yang cukup banyak hingga keberhasilan penyerapan tenaga kerja mencapai 85%, lalu memiliki beberapa tenaga kerja dengan abilities yang baik mapun kurang baik. Serta faktor internal dan eksternal yang di miliki tiap individu pencari kerja, sehingga membuat Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda kesulitan dalam memberikan kesempatan kerja.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KUALITAS TENAGA KERJA LOKAL DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN TENAGA KERJA KOTA SAMARINDA DI DINAS TENAGA KERJA KOTA SAMARINDA
Pengarang Andi Setiawan - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AND a 2023
Subyek Kualitas, Tenaga kerja, Analisis
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Pemerintahan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua