Detail Cantuman Kembali
Ade Fani Ifanti - Personal Name

Strategi menumbuhkan sikap demokrasi dalam keterlibatan siswa pada OSIS di SMA N 2 Samboja

Ade Fani Ifanti, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Strategi menumbuhkan sikap demokrasi dalam keterlibatan siswa pada OSIS di SMA N 2 Samboja di bawah bimbingan Bapak Dr. Jawatir Pardosi, M. Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Dr. M. Jamil, S. Pd, M. AP selaku dosen pembimbing II.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh OSIS dalam upaya menumbuhkan sikap demokrasi dalam keterlibatan siswa pada OSIS siswa, mengetahui program kerja serta hambatan dalam pelaksanaan strategi menumbuhkan sikap demokrasi siswa. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Samboja pada bulan januari 2023. Subjek penelitian ini ialah 4 Pembina OSIS terdiri dari kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan serta 2 guru yang ditunjuk sebagai Pembina OSIS dan 4 Pengurus OSIS, terdiri dari Ketua OSIS, Wakil ketua OSIS, Sekretaris dan Bendahara OSIS dengan menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa OSIS SMA N 2 Samboja melaksanakan strategi menumbuhkan sikap demokrasi siswa dengan melalui kegiatan-kegiatan yang menunjang sikap demokrasi, memberikan tanggung jawab sebagai pengurus OSIS serta pengawasan terhadap siswa yang terlibat dalam OSIS, dan memberikan pembelajaran serta contoh mengenai sikap demokrasi dilingkungan sekolah maupun organisasi. Terdapat hambatan-hambatan yang menjadi kendalan dalam pelaksanaan strategi menumbuhkan sikap demokrasi siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Strategi menumbuhkan sikap demokrasi dalam keterlibatan siswa pada OSIS di SMA N 2 Samboja
Pengarang Ade Fani Ifanti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ADE s 2023
Subyek Sikap Demokrasi, Strategi, Nilai Demokrasi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua