PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN STEM-PjBL DI SMP NEGERI 2 SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik dengan menggunakan pembelajaran STEM-PjBL di SMP Negeri 2 Samarinda pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VII C SMP Negeri 2 Samarinda yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi sains peserta didik meningkat ditunjukkan dengan perolehan dari nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 38,71 menjadi 79,35 dari hasil nilai rata-rata posttest dan hasil tersebut juga didukung dengan perolehan nilai N-Gain yaitu sebesar 0,67 yang termasuk dalam kategori sedang dengan besar persentase adalah 52%. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini maka, pembelajaran STEM-PjBL pada materi suhu dan kalor layak digunakan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN STEM-PjBL DI SMP NEGERI 2 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Dizta Oktari Paukiran - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DIZ p 2023 |
Subyek | Kemampuan Literasi Sains, STEM-PjBL |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Fisika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY