Detail Cantuman Kembali
Henokh - Personal Name

Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Patikan Kebo (Euphorbia Hitra L.) Terhadap Intensitas Serangan Serangga Hama pada Tanaman Bayam ( Amaranthus tricolor L.)

Henokh, 2023. Pengaruh ekstrak daun patikan kebo (Euphorbia hitra L.) terhadap itensitas serangan serangga hama pada tanaman bayam (Amaranthus tricolor L.) dibawah bimbingan Prof. Dr. Didimus Tanah Boleng, M. Kes dan Drs. H. Jailani, M. Si, selaku pembimbing I dan Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daunpatikan kebo (Euphorbia hitra L.) terhadap tanaman bayam (Amaranthus tricolor L.). jenis penelitian ini adalah eksperimen yang dilakanakan di jln. Mangku Menun, Kampung Geleo Asa RT. 2, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, mengunakan Rancangan Acak Kelompok dengan 5 perlakuan yaitu T0 (kontrol), T1konsentrasi 15% (75 ml ekstrak + 425 ml campuran air dan deterjen), T2 konsentrasi
30% (150 ml ektrak + 350 ml campuran air dan deterjen), T3 konsentrasi 45% (225 ml ekstrak + 275 ml campuran air dan deterjen) dan T4 konsentrasi 60% (300 ml ekstrak + 200 ml campuran air dan deterjen). Penelitian ini berlangsung kurang lebih 2 bulan yaitu pada bulan Maret 2022 dan April 2022. Data yang diperoleh dari pengamatan dan perhitungan kemudian dianalisis dengan menggunakan Analysis of Variance dan perlakuan diuji dengan uji Beda Nyata Terkecil pada taraf 5%. Pada penelitan ini menggunakan 5 perlakuan yaitu kontrol, serta pestisida nabati dengan konsentrasi 15%, 30%, 45% dan 60%. Hasil penelitian ini menunjukkan pestisida ekstrak daun patikan kebo berpengaruh nyata dalam penurunan hama pada tanaman bayam dengan konsentrasi 60% hal ini dikarnakan kandungan senyawa yang bekerja secara sinergik sehingga lebih efektif menekan serangan serangga hama.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Patikan Kebo (Euphorbia Hitra L.) Terhadap Intensitas Serangan Serangga Hama pada Tanaman Bayam ( Amaranthus tricolor L.)
Pengarang Henokh - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HEN P 2023
Subyek Patikan Kebo
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua