Detail Cantuman Kembali
NURFITRAYANI - Personal Name

Penerapan Klasifikasi Algoritma C4.5 Dan Algoritma C5.0 Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Website Sistem Informasi Terpadu Layanan Program Studi (SIPLO)

Sistem Informasi Terpadu Layanan Prodi (SIPLO) merupakan website sistem informasi layanan akademik tingkat program studi milik Program Studi Sistem Informasi Universitas Mulawarman. SIPLO memiliki informasi yang menunjang perkuliahan, namun fitur – fitur atau informasi pada SIPLO belum memberikan kepuasan kepada mahasiswa berdasarkan data yang dikumpulkan dengan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap Website SIPLO. Penelitian ini menggunakan data mining teknik klasifikasi metode algortima C4.5 dan algoritma C5.0, indikator PIECES yaitu kinerja, informasi, ekonomi, pengendalian, efisiensi, layanan sebagai atribut dalam penerapan data mining dan data yang digunakan adalah hasil penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Prodi Sistem Informasi Universitas Mulawarman tahun angkatan 2019, 2020 dan 2021 sebanyak 182 mahasiswa, pembagian data dengan perbandingan 80% data latih dan 20% data uji. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penerapan algoritma C4.5 yaitu, variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa adalah Pengendalian, Kinerja, Informasi, Efisien dan Layanan dengan nilai akurasi sebesar 89,19%, nilai presisi sebesar 90,91%, nilai recall sebesar 96,77% dan variabel yang berpengaruh dalam penerapan algoritma C5.0 adalah variabel Efisien, Pengendalian, Informasi, Kinerja dan Layanan dengan nilai akurasi sebesar 94,59%, nilai presisi sebesar 96,77% dan nilai recall sebesar 96,77%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Penerapan Klasifikasi Algoritma C4.5 Dan Algoritma C5.0 Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Website Sistem Informasi Terpadu Layanan Program Studi (SIPLO)
Pengarang NURFITRAYANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR p 2023
Subyek klasifikasi
Algoritma C4.5
SIPLO
Kepuasan Pengguna
Algoritma C5.0
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Sistem Informasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua