ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS III SD/MI TEMA I PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAHKLUK HIDUP KURIKULUM 2013 REVISI 2018
NUR SARIYANTI, 2022. Analisis Kelaykan Buku Siswa Kelas III SD/MI Tema 1 pertumbuhan dan perkembangan mahkluk hidup kurikulum 2013 revisi 2018. Pembimbing I Drs. H. Kusdar, M.Ag. dan Pembimbing II Dr. Mohhammad Ilyas,, M. Pd. Kata Kunci : Analisi, Kurikulum 2013, Isi Buku Teks, Buku siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh buku teks yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia modelnya berbeda dengan buku ajar yang terdahulu. Oleh karena itu, perlu diketahui kelayakan isi buku siswa buku teks pelajaran revisi 2018. Rumus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kelayakan isi buku siswa kelas III SD/MI tema 1 pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kurikulum 2013 edisi revisi 2018 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan isi buku siswa kelas III SD/MI tema 1 pertumbuhan dan perkembangan kurikulum 2013 edisi revisi 2018 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah buku siswa kelas dan buku guru III SD/MI. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini menggunakan tabel yang dilakukan dengan cara menelaah buku teks pelajaran kemudian memberikan penjelasan pada tabel. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku siswa kelas III SD/MI tema 1 pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup edisi revisi 2018 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan termasuk dalam kriteria cukup baik digunakan, Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan, bahwa buku teks siswa kelas III SD/MI Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup memiliki 4 Subtema dan dilihat dari 4 Dimensi yaitu Dimensi Spritual, Dimensi Sosial, Dimensi pengetahuan, dan Dimensi Keterampilan. Subtema 1 Ciri-ciri Makhluk Hidup termasuk dalam kriteria cukup layak digunakan, kelayakan tersebut terbukti dari perolehan data nilai rata – rata presentasi dari semua dimensi yaitu 75%. Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia termasuk dalam kriteria cukup layak digunakan, kelayakan tersebut terbukti dari perolehan data nilai rata – rata presentasi dari semua dimensi yaitu 76%. Subtema 3 Pertumbuhan Hewan termasuk dalam kriteria cukup layak digunakan, kelayakan tersebut terbukti dari perolehan data nilai rata – rata presentasi dari semua dimensi yaitu 73%. Subtema 4 Pertumbuhan dan perkembangan Tumbuhan termasuk dalam kriteria cukup layak digunakan, kelayakan tersebut terbukti dari perolehan data nilai rata – rata presentasi dari semua dimensi yaitu 75%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS III SD/MI TEMA I PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAHKLUK HIDUP KURIKULUM 2013 REVISI 2018 |
---|---|
Pengarang | Nur Sariyanti - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR a 2022 |
Subyek | Kurikulum 2013 Analisi Isi Buku Teks Buku siswa. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIDKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY