Detail Cantuman Kembali
Dwi Novita Sari - Personal Name

PENERAPAN MODEL MORAL REASONING DALAM PEMBELAJARAN PPKn KELAS IX SMP NEGERI 11 SAMARINDA

Dwi Novita Sari, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Penerapan Model Moral Reasoning dalam Pembelajaran PPKn Kelas IX SMP Negeri 11 Samarinda. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Jawatir Pardosi M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Hj. Dr. Suryaningsi S,Pd., M.H selaku Pembimbing ke II.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana karakteristik pembelajaran yang layak menggunakan model moral reasoning, untuk mengetahui bagaimana tahapn atau sintak pelaksanaan model moral reasoning, dan untuk mengatahui keberhasilan penggunaan model moral reasoning.
Jenis penelitian yang digunakan mixed method (metode campuran) kualitatif dan kuantitatif yang dikombinasikan. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model moral reasoning menempatkan tindakan moral sepenuhnya dalam sistem penalaran seseorang melalui proses atau dalam bentuk pertimbangan. Serta perkembangan moral anak didik dapat dipengaruhi secara positif di sekolah. Pendekatan mengajar dengan menggunakan model pendidikan moral oleh guru dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang diselaraskan pada nilai, norma, etika dan budaya bangsa, yang akan menciptakan peluang bagi anak didik untuk berpikir melalui pengamalan yang kompleks dan pola penalaran yang merefleksikan tahapan keputusan. Kata kunci: Moral Reasoning, Pembelajaran PPKn.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN MODEL MORAL REASONING DALAM PEMBELAJARAN PPKn KELAS IX SMP NEGERI 11 SAMARINDA
Pengarang Dwi Novita Sari - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DWI p 2023
Subyek Moral Reasoning,Pembelajaran PPKn
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua