Detail Cantuman Kembali
Herma Azaria - Personal Name

Peran Tutor Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pelatihan Tata Boga (Studi Kasus : Karyawan Baru UMKM Salad Buah Viranti Di Kota Samarinda)

Pelatihan diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup, dan sikap untuk mengembangkan diri, mengembangkan profesi, bekerja, usaha mandiri, dan melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Pelatihan tata boga di UMKM Salad Buah Viranti diminati oleh kalangan masyarakat yang ingin memiliki keterampilan dalam memasak. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana peran tutor dalam meningkatkan hasil belajar karyawan melalui pelatihan tata boga di UMKM Salad Buah Viranti Kota Samarinda. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana hasil belajar karyawan melalui pelatihan tata boga di UMKM Salad Buah Viranti Kota Samarinda. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini yakni pengelola lembaga, tutor dan peserta pelatihan tata boga di UMKM Salad Buah Viranti. Lokasi penelitian berada di Jalan P.Suryanata Gang.Family Kota Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajiandata, dan kesimpulan. Tringulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan wawancara sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) peran tutor dalam pelatihan tata boga memenuhi perannya yaitu sebagai informator, fasilitator, motivator, dan evaluator. 2) hasil belajar karyawan baru melalui pelatihan tata boga menunjukan bahwa karyawan baru mampu meningkatkan hasil belajar dalam tiga aspek penilaian menurut Benyamin Bloom yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peran Tutor Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pelatihan Tata Boga (Studi Kasus : Karyawan Baru UMKM Salad Buah Viranti Di Kota Samarinda)
Pengarang Herma Azaria - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HER p 2023
Subyek Hasil Belajar
Pelatihan Tata Boga
Peran Tutor
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua