Detail Cantuman Kembali
NABILA FITRIYANI - Personal Name

IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SILADUPIL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BULUNGAN

Nabila Fitriyani, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda, Studi Tentang Implementasi E-Government Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Siladupil Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bulungan, di bawah bimbingan Ibu Melati Dama, S.Sos., M.Si.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi implementasi e-government dalam meningkatkan pelayanan publik melalui aplikasi Siladupil pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bulungan. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menggunakan indikator support (dukungan), capacity (sumber daya), value (manfaat) serta faktor penghambat dalam penerapan aplikasi Siladupil. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling dan accidental sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi e-government dalam meningkatkan pelayanan publik melalui aplikasi Siladupil bahwa Disdukcapil telah berusaha secara maksimal untuk memberikan pelayanan publik berbasis online dengan baik akan tetapi pelayanan online berbasis aplikasi Siladupil belum sepenuhnya berjalan secara efektif. Dukungan yang diberikan pemerintah terkait kesepakatan berupa kebijakan pemerintah untuk melaksanakan e-government sudah cukup baik tetapi sosialisasi secara langsung dengan masyarakat terkait adanya aplikasi Siladupil belum dilakukan. Ketersediaan sumber daya finansial sudah cukup untuk melaksanakan berbagai inisiatif e-government dan ketersediaan infrastruktur teknologi informasi sudah memadai serta adanya ketersediaan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dalam melaksanakan pelayanan online namun untuk keramahan dalam memberikan pelayanan harus ditingkatkan lagi. Adapun masyarakat belum merasakan manfaat yang signifikan dalam pelayanan online berbasis aplikasi Siladupil tersebut. Kemudian faktor penghambat dalam pelayanan menggunakan aplikasi Siladupil yaitu adanya gangguan dalam jaringan dan tingkat pemahaman masyarakat yang kurang dalam menggunakan aplikasi Siladupil.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SILADUPIL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BULUNGAN
Pengarang NABILA FITRIYANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAB i 2023
Subyek implementasi, pelayanan publik, e-government,
disdukcapil
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Pemerintahan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua