Detail Cantuman Kembali
Kavita Klea - Personal Name

Pola Kemitraan Kelompok Tani dan Koperasi dalam Pemasaran Tandan Buah Segar (TBS) di Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur

KAVITA KLEA, Program Studi S1 Pemerintahan Integratif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Pola Kemitraan Kelompok Tani dan Koperasi Dalam Pemasaran Tandan Buah Segar (TBS) di Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. Di bawah bimbingan Ibu Dr.Silviana Purwanti, S.Sos, M.Si.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola kemitraan yang dijalankan oleh Koperasi dan Kelompok Tani dalam memasarkan tandan buah segar (TBS) di Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik Purvosive Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan deskripsi pada masing-masing variable yang di teliti. Analisis data model interaktif dari B. Milles dan A. Huberman, yang diawali dengan reduksi data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa pola kemitraan yang dijalankan oleh Koperasi dan Kelompok Tani adalah Pola Dagang Umum. Koperasi berperan sebagai pihak yang memasarkan TBS kepada pihak perusahaan mitra sedangkan petani berperan sebagai pemasok bahan baku yang dibutuhkan oleh perusahaan yaitu tandan buah segar (TBS). Namun dalam pelaksanaan kemitraan masih terdapat kendala dimana petani lebih memilih menjual TBS kepada tengkulak, perlu ketegasan peraturan dari koperasi untuk mengikat agar kerja sama yang terjalin dapat berjalan dengan baik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pola Kemitraan Kelompok Tani dan Koperasi dalam Pemasaran Tandan Buah Segar (TBS) di Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur
Pengarang Kavita Klea - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KAV p 2023
Subyek kemitraan, koperasi, kelompok tani
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan PEMERINTAHAN INTEGRATIF
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua