Detail Cantuman Kembali
Andika Shalman - Personal Name

Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan di Ruang Poli Umum Puskesmas Sidomulyo kota Samarinda

Mutu pelayanan kesehatan merupakan pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada pasien tergantung pada penggunaan layanan kesehatan dengan kepuasan rata-rata seperti yang telah diputuskan atas dasar standar profesi dan kode etik. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien peserta BPJS kesehatan di ruang poli umum Puskesmas Sidomulyo Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional serta populasi
pasien peserta BPJS kesehatan ruang poli umum di Puskesmas Sidomulyo. Sampel Penelitian ini yaitu 130 pasien poli umum Puskesmas Sidomulyo (purposive sumpling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Uji statistik menggunakan uji spearman rank correlation. Hasil analisis bivariat pada penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan keadaan (p=0,001), Ketanggapan (p=0,001), Kenyamanan (p=0,001), dan tepat waktu (p=0,001) dengan kepuasan pasien BPJS kesehatan terhadap pelayanan di ruang poli umum Puskesmas Sidomulyo Kota Samarinda. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan antara keberadaan (availability), ketanggapan (responsiveness), kenyamanan (convenience) dan tepat waktu (timeliness) dengan kepuasan pasien BPJS kesehatan terhadap pelayanan di ruang poli umum Puskesmas Sidomulyo. Saran bagi puskesmas untuk rutin melakukan evaluasi terkait mutu pelayanan dan kepuasan pasien terutama kinerja petugas administrasi puskesmas. Bagi peneliti selanjutnya agar lebih bisa mengoptimalkan variabel lain sehingga bisa mendapatkan informasi yang lebih mendalam terkait mutu pelayanan kesehatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan di Ruang Poli Umum Puskesmas Sidomulyo kota Samarinda
Pengarang Andika Shalman - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AND h 2023
Subyek Mutu Pelayanan Kesehatan
kepuasan pasien
Poli Umum
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Kesehatan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua