Detail Cantuman Kembali
Ismah Nuri - Personal Name

Analisis Kadar Flavonoid Total, Aktivitas Antioksidan Dan Tabir Surya Ekstrak Etanol Bunga Sintrong (Crassocephalum crepidioides (Benth.) S.Moore)

Sintrong merupakan tanaman yang berasal dari benua afrika dan telah menyebar keseluruh wilayah di Asia,Australia,Fuji,Tonga,Samoa danAmerika.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metabolit sekunder, kadar flavonoid total, aktivitas antioksidan, dan aktivitas tabir surya dari ekstrak etanol bunga sintrong. Metode penelitian ini yaitu ekstrak dibuat dengan metode maserasi dengan pelarut etanol 96%. Dianalisis secara kualitatif menggunakan uji metabolit sekunder dilanjutkan dengan pengujian kuantitatif kadar flavonoid total menggunakan spektrofotometerUv-Vis dilanjutkan dengan analisis secara kuantitatif untuk mengetahui aktivitasantioksidanditunjukkandengannilaiI C50.Kemudian dilanjutkan dengan pengujiankuantitatif aktivitas tabir surya ekstrak menggunakan spektrofotometer Uv-Vis.Hasil penelitian dari ekstrak etanol bunga sintrong pada uji metabolit sekunder didapatkan hasil alkaloid, fenolik dan Steroid/terpenoid. Pada hasil aktivitas antioksidan sangat kuat ialah16,57±0,079ppm. Pada kadar flavonoid total didapatkan1,73±0,094mgQE/gekstrak. Dan hasil aktivitas tabir surya ekstrak pada hasil %Te dari semua konsentrasi tidak memiliki aktivitas dan hasil %Tp didapatkan pada konsentrasi 200,300,400,500, dan 600 ppm didapatkan kategori Fast Tanning dan pada nilai SPF (Sun Protection Factor) pada konsentrasi 200,300,400,500,dan600 ppm didapatkan kategori Proteksi Minimal.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Kadar Flavonoid Total, Aktivitas Antioksidan Dan Tabir Surya Ekstrak Etanol Bunga Sintrong (Crassocephalum crepidioides (Benth.) S.Moore)
Pengarang Ismah Nuri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ISM a 2023
Subyek Aktivitas Antioksidan
dan SPF
Sintrong
Kadar Total Flavonoid
Aktivitas Tabir Surya
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Farmasi
Jurusan Farmasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua