Detail Cantuman Kembali
ABDUL RAHIM - Personal Name

KLASIFIKASI SENJATA TRADISIONAL MANDAU SUKU DAYAK MENGGUNAKAN METODE GRAY LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX (GLCM) DAN K-NEAREST NEIGHBOR (KNN)

KLASIFIKASI SENJATA TRADISIONAL MANDAU SUKU DAYAK MENGGUNAKAN METODE GRAY LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX (GLCM) DAN K-NEAREST NEIGHBOR (KNN) ABSTRAK Mandau adalah senjata tajam sejenis parang yang berasal dari kebudayaan suku Dayak di Kalimantan. Mandau sendiri memiliki banyak jenis ukiran bermotif yang berbeda di setiap khas suku Dayak masing-masing. Keragaman rumpun dan sub suku Dayak menghasilkan beragam jenis Mandau yang memiliki kemiripan satu dengan yang lain. Kebanyakan masyarakat Indonesia tidak bisa membedakan jenis Mandau yang ada karena kurang nya pengetahuan tentang Mandau tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis mandau dengan menerapkan metode k-nearest neighbor (knn) untuk klasifikasi berdasarkan ekstraksi fitur bentuk dan tekstur. Dari ekstraksi fitur bentuk menggunakan parameter eccentricity dan metric. Untuk ekstraksi fitur tekstur menggunakan parameter contrast, correlation, energy, dan homogeneity. Dari ekstraksi fitur tersebut akan didapatkan 6 parameter yang digunakan untuk proses klasifikasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada 4 jenis Mandau yaitu Mandau Benuaq, Mandau Kenyah, Mandau Mahah dan Mandau Tunjung dengan masing-masing Mandau 10 citra dan jumlah data keseluruhan adalah 40 citra. Nilai akurasi menggunakan pengujian confusion matrix menghasilkan akurasi yang sangat baik yaitu dengan nilai accuracy = 100%, precision = 100% dan recall = 100%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KLASIFIKASI SENJATA TRADISIONAL MANDAU SUKU DAYAK MENGGUNAKAN METODE GRAY LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX (GLCM) DAN K-NEAREST NEIGHBOR (KNN)
Pengarang ABDUL RAHIM - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ABD k 2023
Subyek CONFUSION MATRIX
Image Processing
Mandau
Ektrasi fitur tekstur (GLCM)
k-nearest neighbor (knn)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua