Detail Cantuman Kembali
NENENG DIANA LESTARI - Personal Name

EFEKTIVITAS PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT,INFAK, DAN SEDEKAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK MELALUI PROGRAM MANDIRI TERDEPAN (STUDI PADA LAZNAS BAITUL MAAL HIDAYATULLAH GERAI KUTAI KARTANEGARA)

Penelitian ini dilakukan oleh Neneng Diana Lestari dengan judul “Efektivitas Pendayagunaan Dana Zakat, Infaq dan Sedekah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Melalui Program Unggulan Mandiri (Studi pada LAZNAS Baitul Maal Hidayatullah Gerai Kutai Kartanegara) dibawah bimbingan Bapak Rais Abdullah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dana Zakat, Infak dan Sedekah dalam memimpin program mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik pada LAZNAS Baitul Maal Hidayatullah Gerai Kutai Kartanegra.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif yaitu dengan metode yang memandu peneliti untuk menggali atau memotret apa yang akan diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam Dan metode penelitian Pengumpulan data Wawancara, Observasi, menggunakan analisis data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Program dapat dikatakan efektif jika upaya tersebut mencapai tujuannya Dalam mengukur efektivitas program pemberdayaan ekonomi. Peneliti mengacu pada pendapat Budiani yaitu ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program dan monitoring program. Pertama, ketepatan sasaran program ini belum sepenuhnya efektif yang dilakukan oleh LAZNAS BMH Gerai Kutai Karanegara karena tidak sesuai dengan sasaran. Kedua, indikator sosialisasi program menunjukkan kurangnya sosialisasi yang dilakukan outlet Baitul Maal Hidayatullah Kutai Kartanegara kepada masyarakat, sehingga terjadi penurunan jumlah mustahik penerima program ekonomi yaitu program MAPAN. Ketiga yaitu tujuan program adalah untuk membuktikan bahwa dana zakat yang diberikan dapat meningkatkan pendapatan mustahik dari hasil usaha yang dijalankan, ada beberapa mustahik yang menjadi muzaki. kurangnya pengembangan keterampilan usaha bagi mustahik sehingga program ekonomi MAPAN di Baitul maal hidayatullah kurang efektif. Kata kunci; Program ekonomi MAPAN (Memimpin Mandiri), LAZNAS Baitul Maal Hidayatullah Outlet Kutai Kartanegara, Indikator Efektivitas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFEKTIVITAS PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT,INFAK, DAN SEDEKAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK MELALUI PROGRAM MANDIRI TERDEPAN (STUDI PADA LAZNAS BAITUL MAAL HIDAYATULLAH GERAI KUTAI KARTANEGARA)
Pengarang NENENG DIANA LESTARI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NEN e 2023
Subyek Program ekonomi MAPAN (Memimpin Mandiri)
LAZNAS Baitul Maal Hidayatullah Outlet Kutai Karta
, Indikator Efektivitas
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan Ekonomi Syariah
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua