Detail Cantuman Kembali
Melynda Rahma - Personal Name

Formulasi Lilin Aromaterapi Kombinasi Minyak Atsiri Daun Mint (Mentha piperita L.) Dan Minyak Jeruk Lemon (Citrus Limon (L) Burm. F)

Lilin aromaterapi merupakan alternatif aromaterapi secara inhalasi dengan penghirupan aroma yang dihasilkan dari minyak atsiri. Daun mint dan kulit jeruk lemon mengandung minyak atsiri yang berfungsi sebagai aromaterapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kombinasi minyak atsiri daun mint (Mentha piperita L.) dan minyak atsiri jeruk lemon (Citrus limon (L) Burm. F) dapat diformulasi menjadi lilin aromaterapi dan mengevaluasi sediaan. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen dengan uji evaluasi fisik lilin meliputi uji organoleptik yaitu warna dan bau, uji kualitas lilin yaitu titik leleh dan waktu bakar, dan uji kesukaan. Hasil penelitian menunjukkan sediaan yang dibuat memiliki warna yang sama merata dan aroma mint jeruk yang berbeda-beda, titik leleh antara 51oC-52oC, waktu bakar formula 1 yang paling lama dengan waktu 78 menit. Uji kesukaan pada formula 2, panelis benyak merasakan rasa rileks. Minyak atsiri kombinasi daun mint (Mentha piperita L.) dan kulit jeruk lemon (Citrus limon (L) Burm. F) dapat diformulasikan sebagai lilin aromaterapi. Perbedaan komposisi bahan menghasilkan pengaruh perbedaan nyata pada formulasi lilin.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Formulasi Lilin Aromaterapi Kombinasi Minyak Atsiri Daun Mint (Mentha piperita L.) Dan Minyak Jeruk Lemon (Citrus Limon (L) Burm. F)
Pengarang Melynda Rahma - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MEL f 2023
Subyek minyak atsiri
Lilin Aromaterapi
Daunt Mint
Kulit Jeruk Lemon
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Farmasi
Jurusan Farmasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua