Detail Cantuman Kembali
SURIANI - Personal Name

OPTIMASI KONSETRASI GARAM, KONSENTRASI GULA, DAN LAMA FERMENTASI PADA TEMPOYAK DURIAN LAI MENGGUNAKAN METODE RSM ( Response Surface Methodology )

Tempoyak adalah makanan yang terbuat dari daging durian yang berlebih pada musimnya atau durian yang dagingnya sudah terlalu lembek. Tempoyak ini,merupakan makanan yang sering di konsumsi di daerah Bengkulu, Palembang, dan Kalimantan. Biasanya tempoyak digunakan sebagai bumbu masakan atau sebagai pendamping nasi. Dalam penelitian ini pembuatan tempoyak menggunakan durian
lai dengan penambahan garam dan gula menggunakan fermentasi spontan.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi garam, konsentasi gula, dan waktu fermentasi. Metode penelitian ini
menggunakan RSM (Response Surface Methodology)-Box-Bhenken Desain (BBD) dengan 3 faktor yaitu konsentrasi garam, konsentrasi gula dan waktu fermentasi. Penelitian ini menggunakan 15 perlakuan dengan 3 kontrol berdasarkan try and eror. Rancangan formula tempoyak durian lai kemudian didapatkan 15 formula yang diukur responya masing-masing lalu respon dianalisis dengan program design exepert 13. Kemudian program akan merekomendasikan model yang cocok untuk setiap respon. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa penambahan garam, gula, dan waktu fermentasi yang berbeda mempengaruhi kadar air, kadar abu, kadar lemak, kadar protein dan kadar karbohidrat. Optimasi terbaik yang didapatkan yaitu konsentrasi garam 4 gram, konsentrasi gula 1,30 gram, dan waktu fermentasi 4 hari.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul OPTIMASI KONSETRASI GARAM, KONSENTRASI GULA, DAN LAMA FERMENTASI PADA TEMPOYAK DURIAN LAI MENGGUNAKAN METODE RSM ( Response Surface Methodology )
Pengarang SURIANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SUR p 2023
Subyek Tempoyak,
durian lai,
RSM
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Teknologi Hasil Pertaniaan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua