Detail Cantuman Kembali
MAGHFIRAH NABILA WAHDA - Personal Name

STUDI PENERAPAN MANAJEMEN MUTU PADA RUMAH MAKAN SI BOLANG

Maghfirah Nabila Wahda, 2023 Penelitian dengan judul Studi Penerapan Manajemen Mutu Pada Rumah Makan Si Bolang dilaksanakan dibawah bimbingan Dr. Sudarman, S.Pd., M.Pd sebagai Dosen Pembimbing I dan Vitria Puri Rahayu, S.Pd., M.Pd sebagai Dosen Pembimbing II. Manajemen mutu pada rumah makan Si Bolang menjadi sorotan dan menarik minat khususnya masyarakat kota Bontang dengan kualitas menu makanan yang tersedia, pelayanan yang baik, serta adanya peningkatan yang dilakukan dari rumah makan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui studi penerapan manajemen mutu yang dilakukan pada rumah makan Si Bolang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Wawancara dilakukan terhadap pemilik rumah makan Si Bolang, karyawan, dan pelanggan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rumah makan Si Bolang telah menciptakan cita rasa makanan yang khas dari Bontang Kuala yaitu sambal gammi serta menyediakan berbagai varian menu lengkap dengan memberikan tampilan hidangan yang menarik, juga memperhatikan kebersihan pada menu makanan yang dihidangkan. Peningkatan pada tempat rumah makan yang semakin luas, fasilitas yang semakin bertambah dan pelayanan yang baik, responsif serta dapat memberikan pelayanan yang cepat dalam menghidangkan pesanan pelanggan. Rumah makan Si Bolang juga memiliki komunikasi yang baik antar pemilik dengan karyawan, sikap saling menghargai satu sama lain, serta selalu mengadakan evaluasi dan pengawasan feed back (umpan balik) untuk kebaikan UMKM tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen mutu di rumah makan ini meliputi kualitas produk yaitu dengan memperhatikan keunggulan rasa, penampilan hidangan, kebersihan hidangan dan varian menu yang disediakan. Fokus pelanggan dengan kemauan dalam menerima keluhan pelanggan, memberikan pelayanan yang baik dan cepat dalam menghidangkan pesanan. Perbaikan sistem secara berkesinambungan yaitu dengan memberikan evaluasi dan perbaikan kepada karyawan, menjalin komunikasi yang baik serta pengawasan untuk meminimalisir masalah yang terjadi.Adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan yaitu sikap pemilik usaha kepada karyawan dan melibatkan karyawan dalam meningkatkan kualitas makanan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI PENERAPAN MANAJEMEN MUTU PADA RUMAH MAKAN SI BOLANG
Pengarang MAGHFIRAH NABILA WAHDA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAG s 2023
Subyek Manajemen mutu
Penerapan manajemen mutu
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua