Detail Cantuman Kembali
Ramli - Personal Name

Pengembangan Perangkat pembelajaran Model Inquiry untuk Pembentukan Karakter dan peningkatan hasil belajar Kimia peserta Didik.

Ramli, 2022. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inquiry untuk Pembentukan Karakter dan Peningkatan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik”. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Laode Rijai, M.Si. (II) Dr. Pintaka Kusumaningtyas, S.Pd., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan desain produk pengembangan perangkat pembelajaran model inquiry untuk pembentukan karakter dan hasil belajar peserta didik berupa RPP, LKPD, Handout, dan Instrumen penilaian yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan penegmbangan (Research and Development, R & D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi model 4- D dari empat tahap menjadi tiga tahap (3D) meliputi tahapan define, design, dan develop yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Teknik analisis yang digunakan untuk analisis kevalidan dan kepraktisan adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan keefektifan perangkat dianalisis dengan menggunakan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk membentuk karakter dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil rata–rata nilai karakter diperoleh data untuk karakter religius diperoleh skor 86 (Membudaya), Jujur dengan skor 82 (Membudaya), Kerjasama/gotong royong dengan skor 75 (Berkembang), dan Bernalar kritis dengan skor 68 (Mulai Berkembang) serta komunikasi dengan skor 69 (Mulai Berkembang).Hasil analisis kevalidan rata–rata 92% dengan kategori sangat valid, kepraktisan skor rata–rata 83% dengan kategori sangat praktis, keefektifan memiliki N-Gain Score sebesar 0,5 kategori tingkat sedang (efektif).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Perangkat pembelajaran Model Inquiry untuk Pembentukan Karakter dan peningkatan hasil belajar Kimia peserta Didik.
Pengarang Ramli - Personal Name
No. Panggil THESIS RAM p 2023
Subyek Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit
Pengembangan, Perangkat pembelajaran, Inquiry,
Nilai Karakter, Hasil Belajar,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan MAGISTER PENDIDIKAN KIMIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua