PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS V SDN 007 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Nur Rahman Amin, 2023. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Materi Perubahan Wujud Benda Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media PowerPoint pada Siswa Kelas V SDN 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023. “Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mohammad Siddik, M.Pd, sebagai Dosen Pembimbing I dan Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si. sebagai Dosen Pembimbing II”. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas V SDN 007 Samarinda Ulu khususnya pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantu media PowerPoint pada siswa kelas V SDN 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023?. Maka tujuan penelitian ini untuk Mengetahui bagaimana peningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantu media PowerPoint pada siswa kelas V SDN 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Dalam satu pertemuan terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 007 Samarinda Ulu yang berjumlah 25 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantu media PowerPoint. Teknik pengumpulan data di lapangan adalah wawancara, observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan persentase peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata IPA siswa pada pra siklus sebesar 57,2 dengan persentase siswa yang tuntas 32%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 72 dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 25,87% dan persentase siswa yang tuntas sebesar 60%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 81 dengan persentase peningkatan dari nilai pra siklus sebesar 39,58% dan persentase siswa yang tuntas sebesar 84%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick berbantu Media PowerPoint pada siswa kelas V SDN 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS V SDN 007 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | NUR RAHMAN AMIN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR p 2023 |
Subyek | Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Wujud Benda Model Pembelajaran Talking Stick, Media PowerPoint. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | ILMU PENDIDIKAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY