Detail Cantuman Kembali
NADIA AYU - Personal Name

UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP) DI SDN 011 SAMARINDA KOTA

Nadia Ayu, 2023. Upaya Guru dalam mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di SDN 011 Samarinda Kota Pembimbing Prof. Dr.Hj. Zaenab Hanim, M.Pd. dan Pembimbing II Prof. Dr. H. Mohammad Siddik, M.Pd.Kata Kunci: Upaya guru, kesulitan belajar siswa kelas V mata pelajaran SBdPPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar materi SBdP pada siswa kelas V. rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana kesulitan belajar dalam pembelajaran SBdP pada siswa kelas V SD Negeri 011 Samarinda Kota?, (2) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar SBdP pada siswa kelas V SD Negeri 011 SamarindaKota?. Maka tujuan penelitian ini untuk (1) Menguraikan kesulitan belajar SBdP yang dialami siswa kelas V SD Negeri 011 Samarinda Kota. (2) Menguraikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar SBdP pada siswa kelas V SD Negeri 011 Samarinda Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus dengan menghasilkan data deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari guru wali kelas V, siswa kelas V, dan Kepala Sekolah. Sumber data sekunder menggunakan nilai hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian menggunakan peneliti sebagai instrumen utama, pedoman wawancara, alat perekam, dan fotografi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada materi SBdP siswa kelas V mengalami kesulitan belajar seperti 1) materi SBdP seni rupa menunjukan bahwa siswa kurang memahami unsur-unsur seni rupa, 2) materi SBdP seni musik siswa mengalami kesulitan dalam materi jenis-jenis alat musik beserta asal daerah, memahami tangga-tangga nada, dan unsur-unsur musik, 3) materi SBdP seni tari siswa mengalami kesulitan belajar pada materi pola-pola gerakan, nama-nama tarian beserta asal daerah, serta menentukan pola gerakan yang terdapat pada tarian. Pelaksanaan pembelajaran SBdP kurikulum 2013 di SD mengalami banyak kendala dan tantangan, beberapa diantaranya yaitu guru terkendala ketika praktekkarena memang rata–rata guru tidak mempunyai basic di bidang seni, dan guru juga sering terkendala dalam hal media karena sekolah belum menyediakan media yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran SBdP. Upaya guru mengatasi kesulitan belajar SBdP yaitu dengan mencari referensi materi dari sumber lain, penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk keberlangsungan proses pembelajaran dalam pembelajaran seni, kemudian ruang belajar, komunikasi dan identifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar SBdP. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan di beberapa materi SBdP, dan guru melakukan upaya yang dapat meminimalisir kesulitan belajar yang dialami siswa, dengan memperbanyak referensi media ajar dan bahan ajar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP) DI SDN 011 SAMARINDA KOTA
Pengarang NADIA AYU - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAD u 2023
Subyek Upaya guru,
kesulitan belajar siswa kelas V
mata pelajaran SBdP
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PEDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua