Detail Cantuman Kembali
Vina Josephine Situmeang - Personal Name

SUPLEMENTASI INULIN DALAM PAKAN TERHADAP PARAMETER HEMATOLOGI DAN JUMLAH BAKTERI ASAM LAKTAT PADA USUS IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus)

Vina Josephine Situmeang, 2023. Suplementasi Inulin dalam Pakan terhadap Parameter Hematologi dan Jumlah Bakteri Asam Laktat pada Usus Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus) (Dibimbing oleh Agustina dan Andi Nikhlani).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian inulin dalam pakan terhadap parameter hematologi dan jumlah bakteri asam laktat pada usus ikan lele sangkuriang. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 3 ulangan dengan dosis masing-masing perlakuan yaitu perlakuan 0 (0 g/kg), perlakuan 1 (1,5 g/kg), perlakuan 2 (3 g/kg), dan perlakuan 3 (6 g/kg). Pemeliharaan dilakukan dalam wadah plastik dengan volume air 25 liter selama 30 hari. Pemberian pakan sesuai perlakuan dilakukan tiga kalisehari pada pagi, siang, dan sore hari dengan metode at satiation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian inulin tidak berpengaruh nyata terhadap hematologi dan jumlah bakteri asam laktat (P>0,05) tetapi memberikan nilai terbaik pada P2 untuk parameter kadar hemoglobin yaitu9,40; kadar hematokrit dengan nilai 50,25%; total leukositdengan nilai 6,43 ×〖10〗^(4 ) sel/mm3 dan total eritrosit dengan nilai 3,43 ×〖10〗^6 sel/mm3. Pada parameter bakteri asam laktat, hasil terbaik terdapat pada P3 dengan jumlah bakteri7,3 × 104 CFU/mL.

Kata Kunci: Inulin, Hematologi, Bakteri Asam Laktat, Lele Sangkuriang

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SUPLEMENTASI INULIN DALAM PAKAN TERHADAP PARAMETER HEMATOLOGI DAN JUMLAH BAKTERI ASAM LAKTAT PADA USUS IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus)
Pengarang Vina Josephine Situmeang - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI VIN s 2023
Subyek Bakteri asam laktat
inulin
Hematologi
Lele Sangkuriang
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Jurusan Akuakultur
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua