Detail Cantuman Kembali
NABILA AULIA RAMADANRI - Personal Name

ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA, WAKTU, DAN METODE KERJA BETON KONVENSIONAL TERHADAP BETON PRECAST (STUDI KASUS : PEMBANGUNAN AULA LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR)

Kota Samarinda pada saat ini dengan giatnya melaksanakan pembangunan kota. Pertumbuhan dan pembangunan kota yang dinamis membutuhkan penyediaan fasilitas yang layak, memadai, terjangkau dan adil, serta pelayanan kepada publik yang semakin baik dan handal. Meningkatnya jumlah proyek konstruksi idealnya harus dikuti dengan meningkatnya industri konstruksi baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Dalam konstruksi dikenal ada dua metode pekerjaan beton yang dipakai yaitu metote beton konvensional (in-situ) dan beton pracetak (precast). Oleh karena itu dalam penelitian ini bermaksud untuk membandingkan biaya, waktu, dan metode kerja pada pelaksanaan kolom dan balok metode konvensional (in-situ) dan metode pracetak (precast).

Pada penelitian ini mencari tahu perbedaan antara kolom dan balok metode konvensional (in-situ) dengan kolom dan balok metode pracetak (precast) dari segi biaya, waktu, dan metode kerja. Dimana kolom dan balok konvensional menggunakan acuan Permen PUPR 28-2016 sedangkan kolom dan balok pracetak berdasarkan SNI 7823-2017 dan data pabrikasi. Berdasarkan analisis penelitian ini didapatkan bahwa untuk biaya pekerjaan kolom dan balok metode konvensional membutuhkan biaya Rp 3.114.660.857 dan waktu pengerjaannya 148 hari sedangkan metode pracetak membutuhkan biaya Rp 5.527.634.837 dan waktu pengerjaannya 122 hari.

Sehingga didapatkan persentase perbedaan antara penggunaan beton konvensional dan pracetak adalah 77,47 % lebih mahal kolom dan balok metode pracetak dibandingkan dengan metode konvensional, dan waktu metode pracetak lebih lama karena adanya waktu pemesanan dari pabrikasi dan waktu untuk pengantaran beton itu sendiri.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA, WAKTU, DAN METODE KERJA BETON KONVENSIONAL TERHADAP BETON PRECAST (STUDI KASUS : PEMBANGUNAN AULA LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR)
Pengarang NABILA AULIA RAMADANRI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAB a 2023
Subyek Konvensional,
Biaya,
Balok,
Kolom,
Pracetak,
Waktu
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Sipil
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua