Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD ALI HUSAIN - Personal Name

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE LOGISTIC SERVICE QUALITY (Studi Kasus: CV. Kurir Kuriran Samarinda)

Kurir Kuriran adalah perusahaan layanan jasa logistik yang berlokasi di Samarinda. Demi mencapai kelancaran dalam proses pengantaran maka perlu adanya sistem yang dikelola dengan baik, sehingga pelayanan yang dirasakan oleh pelanggan menjadi maksimal, oleh karenanya perlu dilakukan penelitian mengenai kualitas layanan yang ada di Kurir Kuriran Samarinda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Kurir Kuriran Samarinda. Penelitian ini menggunakan Logistic Service Quality yaitu metode pengukuran kualitas layanan yang berfokus pada usaha logistik. Kualitas layanan dari sebuah perusahaan logistik yang mengacu pada dimensi LSQ sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Oleh karenanya metode LSQ (Logistic Service Quality) dipilih untuk digunakan dalam penelitian ini. Metode pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner secara purposive yang dibagikan kepada 100 pelanggan yang telah menggunakan jasa Kurir Kuriran minimal 2 kali dalam 3 bulan terakhir. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi spearman, dan uji regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa uji validitas pada variabel Kualitas layanan dan kepuasan pelanggan dikatakan valid karena r hitung > r tabel. Uji reliabilitas dikatakan reliabel karena Cronbach Alpha > 0,6. Uji regresi linier diperoleh persamaan Y = 1,054 + 0,182PCQ + 0,297TL + 0,025ODH + 0,118OC + 0,120SSP. Uji koefisien determinasi (R2) diperoleh 0,401 yang berarti variabel kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan memiliki pengaruh sebesar 40,1% dan sisanya 59,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, namun tingkat hubungan tersebut dikategorikan moderat. Uji regresi linier berganda diketahui bahwa dimensi yang memiliki pengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan adalah dimensi TL atau ketepatan waktu dengan nilai thitung 3,135 > ttabel 1,985.Dimensi PCQ, ODH, OC, SSP tidak signifikan dikarenakan thitung < ttabel. Uji F diperoleh nilai Fhitung 12,596> Ftabel 2,31 sehingga hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan secara simultan pada CV. Kurir Kuriran Samarinda. Usulan perbaikan yang dapat diberikan kepada perusahaan adalah melakukan sistem reminder terhadap kurir untuk memperbaiki dimensi TL (ketepatan waktu) dan membuat link pelaporan untuk memperbaiki dimensi ODH (Ketidaksesuaian Pesanan), sedangkan untuk memperbaiki kepuasan pelanggan perusahaan perlu menjaga dan meningkatkan sistem promo yang ada saat ini.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE LOGISTIC SERVICE QUALITY (Studi Kasus: CV. Kurir Kuriran Samarinda)
Pengarang MUHAMMAD ALI HUSAIN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH a 2023
Subyek Kepuasan Pelanggan
kualitas layanan
Kurir Kuriran Samarinda
LSQ
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan TEKNIK INDUSTRI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua