Detail Cantuman Kembali
Khansa Rizky Maharani - Personal Name

OPTIMASI METODE EKSTRAKSI DENGAN PELARUT KOLIN KLORIDA-SORBITOL DENGAN METODE MICROWAVE TERHADAP KADAR FLAVONOID TOTAL DARI RIMPANG KUNYIT HITAM (Curcuma caesia Roxb.)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kadar flavonoid berdasarkan metode ekstraksi berbantu microwave dengan pelarut kolin klorida sorbitol (CCS-MAE) yang optimal terhadap kadar flavonoid total dari rimpang kunyit hitam (Curcuma caesia Roxb.) berdasarkan variasi NADES (kolin klorida sorbitol), waktu ekstraksi, rasio padat/cair, dan daya gelombang mikro yang berbeda, yang kemudian akan dibandingankan kadarnya flavonoidnya dengan ekstrak maserasi rimpang kunyit hitam dengan pelarut etanol 80%. Simplisia kering sebanyak 2 gram diekstraksi dengan menggunakan metode CCS-MAE dengan kondisiei ekstraksi rasio pelarut kolin klorida-sorbitol masing-masing 2:1 g/g, 1:1 g/g, dan 1:2 g/g, waktu ekstraksi selama 3 menit, 5 menit, dan 7 menit, rasio padat/cair 1:7; 1:8; dan 1:9 g/g dan daya gelombang mikro 20%, 30%, dan 40%. Kondisi optimum dari ekstraksi MAE dianalisis menggunakan RSM dengan Box-Behnken Desain. Kadar flavonoid total dihitung menggunakan reagen Quarsetin, dan absorbansi diukur menggunakan spektrofotometer Uv-Vis dengan panjang gelombang 430 nm. Kemudian didapatkan, kondisi optimum yaitu rasio NADES 1:1 g/g, waktu ekstraksi selama 7 menit, dengan daya gelombang mikro 40%, dan rasio padat cair 1:7 g/mL. Kemudian didapatkan hasil kadar flavonoid total ekstrak MAE 1,762 mgQE/gram dan ekstraksi maserasi sebesar 0,003231 mgQE/gram.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul OPTIMASI METODE EKSTRAKSI DENGAN PELARUT KOLIN KLORIDA-SORBITOL DENGAN METODE MICROWAVE TERHADAP KADAR FLAVONOID TOTAL DARI RIMPANG KUNYIT HITAM (Curcuma caesia Roxb.)
Pengarang Khansa Rizky Maharani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KHA o 2023
Subyek Rimpang kunyit hitam (Curcuma caesia ROXB.)
green solvent
microwave
kolin klorida
sorbitol
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Farmasi
Jurusan Farmasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua