ANALISIS MANAJEMEN KOMUNIKASI KAPAL PESUT ETAM UNTUK PROMOSI WISATA KOTA SAMARINDA
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen komunikasi yang dilakukan oleh kapal pesut etam @pesutetam_kapalwisata di Instagram dalam melakukan promosi wisata. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini, yakni manajemen komunikasi oleh Pringle. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif dengan teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk fokus penelitian digunakan fungsi manajemen berupa POAC (Planning, Organizing, Actuating, and Controlling). Sebagai tolok ukur dalam menganalisis penggunaan media sosial Instagram. Sumber penelitian ini, yakni key informant. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahap perencanaan dilakukan perencaan dalam mengatur tujuan awal didirikannya kapal pesut etam dan tujuan yang ingin dicapai dalam beberapa tahun ke depan. Kemudian, dalam tahap pengorganisasian dilakukan dengan pembagian tugas oleh kru kapal dan kualifikasi perekrutan pemandu objek wisata kapal wisata pesut etam. Dari tahap pengaktualan pemilik kapal melakukan reward dan punishment sebagai cara memotivasi kru kapal dan adanya rapat rutin setiap bulan sebagai proses komunikasi. Terakhir, dalam tahap pengawasan dilakukan dengan cara pengawasan dan evaluasi yang dipimpin langsung oleh pemilik kapal.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS MANAJEMEN KOMUNIKASI KAPAL PESUT ETAM UNTUK PROMOSI WISATA KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Iis Handayani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI IIS a 2023 |
Subyek | Instagram Manajemen Komunikasi @pesutetam_kapalwisata kapal wisata pesut etam |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY