PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 1 BONTANG
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Bontang dan meningkatkan hasil belajar siswa apabila menggunakan model mind mapping. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas adalah kemampuan menulis puisi, dan variabel tindakan yang digunakan adalah metode mind mapping (peta pikiran). Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan 36 Siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Bontang. Sedangkan objeknya adalah kemampuan siswa dalam menulis puisi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data dengan menggunakan trianggulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Sedangkan metode penelitian ini bersifat kualitatif dalam bentuk kerjasama PTK. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis puisi setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan metode mind mapping (peta pikiran). Pada pertemuan pertama yaitu siklus I skor APKG yaitu 21,3 dan rata-ratanya 3,55 dan pada pertemuan kedua yaitu siklus II total skor APKG meningkat menjadi 25,16 dan rata-ratanya 5,032. Sedangkan hasil penelitian belajar menulis puisi meningkat dengan model mind mapping (peta pikiran) dengan tema pemandangan dengan nilai rata-rata 69 dan persentase siswa mencapai KKM sebanyak 28% (10 siswa). Pada siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menulis puisi dengan nilai rata-rata 80 dan persentase siswa yang mencapai KKM sebanyak 69% (25 siswa). Dengan demikian penelitian ini dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa melalui metode mind mapping (peta pikiran) dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Bontang
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 1 BONTANG |
---|---|
Pengarang | Tanfa Annika Binta S - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI TAN p 2023 |
Subyek | Media Gambar Hasil Belajar, Mind Mapping Menulis, Puisi, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Bahasa dan Seni |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY