Evaluasi kemampuan berbicara dalam membaca teks pidato pada siswa kelas X SMKN 2 Samarinda
Keterampilan berbahasa yang diajarkan di sekolah meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Metode silent way sangat jelas menggunakan pendekatan struktural dalam menyusun kata yang diajarkan. Bahasa dipandang sebagairangkaian bunyi yang memiliki makna dan diatur menjadi sebuah kalimat sesuai dengantata bahasa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keterampilan berbicara siswa kelas X SMKN 2 Samarinda dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, peneliti melakukan penelitian selama 2 pekan guna melihat serta meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan evaluasi. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh dan mengetahuihasil pelaksanaan pengajaran dan untuk mengetahui keaktifan dan partisipasi siswa dalam berbicara. Teknik evaluasidigunakan untuk memperoleh dan mengetahui hasil yang diperoleh setiap siswa dalampelaksanaan tes pada kegiatan pengajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui dua pertemuan dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode silent way sangat tepat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam menganalisis teks pidato pada siswa kelas X TAB SMKN 2 Samarinda. Dengan hasil penelitian keterampilan berbicara dari evaluasi I adalah Cukup Baik menjadi Baik padaevaluasi II.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Evaluasi kemampuan berbicara dalam membaca teks pidato pada siswa kelas X SMKN 2 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Aryani Zainuddin - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ARY e 2023 |
Subyek | KETERAMPILAN BERBICARA TEKS PIDATO MENYIMAK METODE SILENT WAY |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | bahasa dan sastra indonesia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY