KEPRAKTISAN DAN EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CATATAN INTERAKTIF DIGITAL BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI TERMOKIMIA DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teknologi informasi yang terus maju serta standart abad 21 yang selalu berkembang yang mengharuskan siswa untuk memiliki hard dan soft skill dalam diri sebagai upaya meningkatkan literasi sains yang baik dari tantangan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan dan efektivitas media pembelajaran buku catatan interaktif digital berbasis literasi sains pada materi termokimia SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop dan Disseminate) yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa MA Negeri 2 Samarinda kelas XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 3 berjumlah 99 siswa. Siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan tes berupa pre-test dan post-test serta lembar observasi aktivitas siswa dan guru, angket praktikalitas guru, angket respon siswa. Analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji effect size yang sebelumnya dilakukan uji statistik terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku catatan interaktif digital berbasis literasi sains memiliki kepraktisan dan keefektifan yang baik. Berdasarkan angket praktikalitas guru, media ini dinilai sangat praktis, sedangkan aktivitas siswa dalam menggunakan media tersebut juga tergolong baik. Selain itu, terdapat peningkatan literasi sains siswa dengan tingkat peningkatan keterampilan literasi sains yang tergolong sedang, dengan n-gain sebesar 0,36 dan rerata effect size sebesar 1,32 yang termasuk dalam kategori besar. Siswa juga memberikan respon baik terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran buku catatan interaktif digital berbasis literasi sains. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buku catatan
nteraktif digital berbasis literasi sains yang dikembangkan praktis, dan efektif untuk untuk meningkatkan literasi sains siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KEPRAKTISAN DAN EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CATATAN INTERAKTIF DIGITAL BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI TERMOKIMIA DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA |
---|---|
Pengarang | RISKY NOR CAHYO - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIS k 2023 |
Subyek | Efektivitas Literasi Sains Buku Catatan Interaktif Digital Praktikalitas |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY