Efektivitas Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Dengan Materi Dasar-Dasar Desain Grafis Dan Nirmana Pada Siswa Kelas XI Multimedia Di SMKN 4 Samarinda
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar desain grafis siswa kelas XI SMKN 4 Samarinda Tahun pembelajaran 2022/2023,
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu atau Quasi Eksperimen. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI multimedia 1 dengan jumlah siswa 35 orang yang dijadikan kelas eksperimen dengan diberi perlakuan yaitu media pembelajaran macromedia flash. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Dokumentasi, Pretest, Perlakuan dan Posttest.
Perhitungan menggunakan SPSS 24. Hasil uji Kolmogrov-Smirnov untuk melihat normalitas data pretest dan posttest. Pada kelas multimedia 1 nilai sebelum perlakuan menggunakan media macromedia flash diperoleh nilai sig(p) = 0,200 dan nilai sesudah perlakuan menggunakan media macromedia flash diperoleh nilai sig(p) = 0,010 dengan membandingkan nilai α = 0,05, maka diperoleh nilai untuk kelas multimedia 1 sebelum perlakuan menggunakan media macromedia flash yaitu 0,200 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan nilai kelas multimedia 1 sesudah menggunakan media macromedia flash yaitu 0,010 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai sesudah perlakuan tidak berdistribusi normal. Dikarenakan nilai sesudah menggunakan media macromedia flash tidak berdistribusi normal maka akan digunakan uji non parametrik untuk 2 data berpasangan (berhubungan) yaitu Uji Wilcoxon. Berdasarkan perhitungan SPSS, diperoleh bahwa nilai statistik yaitu Z hitungnya adalah 5,161 > 1,96 yang berarti Z hitung > Ztabel, dan asymp. Sig = 0,000 < 0,05. Serta berdasarkan hasil uji hipotesis sehingga diperoleh kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima maka penggunaan media pembelajaran signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas Eksperimen adalah 81,1559 atau 81.2% termasuk dalam kategori indeks N-Gain efektif.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media pembelajaran macromedia flash efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Multimedia SMKN 4 Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Efektivitas Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Dengan Materi Dasar-Dasar Desain Grafis Dan Nirmana Pada Siswa Kelas XI Multimedia Di SMKN 4 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Rahmah Salina - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAH e 2023 |
Subyek | Media Pembelajaran Desain Grafis Materi Dasar Desain Grafis dan Nirmana Macromedia Flash |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Komputer |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY