Detail Cantuman Kembali
M. MARDIANATA EKA PUTRA - Personal Name

STUDI TIMBULAN, KOMPOSISI, DAN POTENSI ENERGI TEORITIS SAMPAH DOMESTIK KOTA TANAH GROGOT KABUPATEN PASER STUDI TIMBULAN, KOMPOSISI, DAN POTENSI ENERGI TEORITIS SAMPAH DOMESTIK KOTA TANAH GROGOT KABUPATEN PASER

Perancangan sistem pengelolaan sampah suatu daerah memerlukan data-data dasar seperti timbulan sampah, komposisi sampah dan karakteristik sampah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis timbulan, komposisi dan menganalisis nilai potensi energi sampah domestik (rumah tangga) di Kota Tanah Grogot Kabupaten Paser.

Hasil penelitian menunjukkan timbulan rata-rata sampah domestik Kota Tanah Grogot adalah 1,52 liter/orang/hari untuk satuan volume atau 0,44 kg/orang/hari untuk satuan berat. Komposisi sampah domestik Kota Tanah Grogot didominasi oleh sampah organik sebesar 74,05%, dengan komponen terbesar adalah sampah makanan 54,99%, sampah plastik 13,64% dan kertas 10,2%. Potensi energi teoritis sampah domestik Kota Tanah Grogot total rata-rata pada tahun 2014 sampai dengan 2024 sebesar 242.118.952 Kj/hari.

Dari data timbulan, komposisi dan potensi energi teoritis sampah domestik yang dianalisis, pengolahan sampah composting, pemanfaatan gas metan pada landfill, pembakaran tingkat tinggi (insinerasi), dan proses daur ulang sampah plastik dan kertas, efektif dilakukan di Kota Tanah Grogot.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TIMBULAN, KOMPOSISI, DAN POTENSI ENERGI TEORITIS SAMPAH DOMESTIK KOTA TANAH GROGOT KABUPATEN PASER STUDI TIMBULAN, KOMPOSISI, DAN POTENSI ENERGI TEORITIS SAMPAH DOMESTIK KOTA TANAH GROGOT KABUPATEN PASER
Pengarang M. MARDIANATA EKA PUTRA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua