Detail Cantuman Kembali
Rahmatul Istuning Azizah - Personal Name

MENGATASI OVERDISPERSION PADA MODEL REGRESI POISSON MENGGUNAKAN MODEL GENERALIZED POISSON REGRESSION (Studi Kasus : Penderita Pneumonia pada Kabupaten/Kota di Pulau Kalimantan)

Regresi Poisson merupakan salah satu model regresi yang dapat digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel respon diskrit dengan variabel prediktor diskrit atau kontinu. Asumsi yang harus dipenuhi oleh regresi Poisson adalah equidipersion yaitu nilai variansi dari variabel respon harus sama dengan nilai rataratanya, namun yang sering terjadi adalah nilai variansi lebih besar dari nilai ratarata atau disebut dengan overdispersion. Salah satu metode untuk mengatasi overdispersion adalah Generalized Poisson Regression (GPR). GPR pada penelitian ini diterapkan pada kasus penderita pneumonia kabupaten/kota di Pulau Kalimantan tahun 2019. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan model GPR serta faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kasus penderita pneumonia pada kabupaten/kota di Pulau Kalimantan tahun 2019. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa variabel prediktor yang berpengaruh terhadap kasus penderita pneumonia pada kabupaten/kota di Pulau Kalimantan tahun 2019, yaitu penderita tuberkulosis paru, penderita HIV, dan persentase perokok.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MENGATASI OVERDISPERSION PADA MODEL REGRESI POISSON MENGGUNAKAN MODEL GENERALIZED POISSON REGRESSION (Studi Kasus : Penderita Pneumonia pada Kabupaten/Kota di Pulau Kalimantan)
Pengarang Rahmatul Istuning Azizah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RAH m 2023
Subyek Regresi Poisson
overdispersion
DATA DISKRIT
PNEUMONIA
GPR
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan statistika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua