Detail Cantuman Kembali
Rima Nur Islamiyati - Personal Name

ANALISIS UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK PADA NOVEL RENTANG KISAH KARYA GITA SAVITRI DEVI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Novel yang akan diteliti adalah novel yang Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Novel Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di Sekolah, novel ini mengisahkan tentang seorang gadis remaja yang bersungguh-sungguh dalam mengapai cita-citanya, melalui banyak perjuangan yang harus ia lalui dan hadapai. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik
pada novel Rentang Kisah karya Gita Savtri Devi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik dengan cara memahami keseluruhan data, mengklasifikasi data, melakukan perbandingan dan menarik kesimpulan hasil data. Hasil menunjukan bahwa dalam novel Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi memiliki unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik seperti: 1) Tema. 2) Latar/Setting. 3) Tokoh dan Penokohan. 4) Plot/Alur. 5) Sudut Pandang. 6) Gaya Bahasa. 7) Amanat. Unsur ekstrinsik seperti: 1) Latar Belakang Pengarang. 2) Latar Belakang Budaya. 3) Nilai Moral. 4) Nilai Agama. 5) Nilai Sosial. Implikasi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik pada Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas menceritakan bahagimana seharusnya sebagai pelajaran bisa memiliki keinginan yang tinggi dalam mengapai cita-cita, harus dilakukan dengan sungguh-sungguh karena tidak ada yang tidak mungkin selagi kita ingin berusaha mencoba dan berdoa serta diiringin dengan niat yang besar dan sebagai pelajar harus memiliki nilai-nilai yang berdampak positif untuk lingkungan sekitar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK PADA NOVEL RENTANG KISAH KARYA GITA SAVITRI DEVI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
Pengarang Rima Nur Islamiyati - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIM a 2023
Subyek Novel
Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik
Implikasi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua