PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATH DALAM MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT
Kemampuan berpikir kritis memungkinkan siswa dalam menyelesaikan masalah dengan ide-ide yang kreatif dan logis. Penelitian ini bertujuan untuk merancangan lembar kerja peserta didik berbasis science, technology, engineering, art and math dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Develop (R&D) dengan menggunakan model 3-D (Define, Design, dan Develop) yang diadaptasi dari model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Pada tahap define meliputi: (1) analisis awal yang diperoleh dari hasil penelitian awal; (2) analisis konsep yang diperoleh dari silabus mata pelajaran kimia kelas X; dan (3) analisis tugas yang diperoleh dari kompetensi dasar materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Pada tahap design, rancangan LKPD disusun dengan memuat indikator science, technology, engineering, art and math. Desain awal LKPD meliputi (1) bagian sampul; (2) kompetensi dasar, indikator pembelajaran, dantujuan pembelajaran; (3) petunjuk penggunaan LKPD; (4) ringkasan materi; (5) kegiatan LKPD yang merujuk pada indikator keterampilan berpikir kritis (memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lebih lanjut, menyusun strategi dan taktik). Pada tahap develop, desain awal LKPD selanjutnya divalidasi oleh ahli materi, ahli media, ahli praktisi pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis Science, Technology, Engineering, Art and Math (STEAM) dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit dinyatakan sangat valid oleh ahli materi, ahli media, ahli praktisi pembelajaran dan siap untuk diuji coba
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATH DALAM MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT |
---|---|
Pengarang | Isabela Trivena - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ISA p 2023 |
Subyek | Keterampilan Berpikir Kritis Lembar Kerja Peserta Didik STEAM Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY