Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Model Discovery Learning pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tenggarong (Materi : Gelombang Mekanik)
Bahan ajar elektronik ialah seperangkat materi pembelajaran yang telah disusun sedemikian rupa dan sistematis, berisi teks, video, audio dan ilustrasi serta disajikan dalam bentuk digital untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas bahan ajar elektronik berbasis model discovery learning dan respon siswa terhadap bahan ajar elektronik berbasis model discovery. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development), dimana model pengembangan yang digunakan ialah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementatiion, Evaluation). Bahan ajar elektronik telah divalidasi oleh validator materi dan validator media. Hasil validasi dari aspek materi dan media memperoleh skor yang sama yaitu sebesar 93% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil respon siswa terhadap bahan ajar elektronik termasuk dalam kategori sangat baik dengan perolehan skor rata-rata sebesar 86%. Berdasarkan hasil validitas dan respon siswa, maka bahan ajar elektronik berbasis model discovery learning materi gelombang mekanik dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika di SMA. Adapun saran untuk penelitian lanjutan yaitu melakukan tahapan implementation dan evaluation secara utuh dalam proses pembelajaran.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Model Discovery Learning pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tenggarong (Materi : Gelombang Mekanik) |
---|---|
Pengarang | Mega Julia Putri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MEG p 2023 |
Subyek | Bahan Ajar Elektronik, Discovery Learning, ADDIE |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Fisika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY