Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality Pada Materi Medan Magnet
Fisika merupakan salah satu cabang ilmu yang menjadi dasar dalam perkembangan teknologi. Fisika terdiri dari banyak konsep abstrak yang mengakibatkan siswa sulit dalam memahaminya. Salah satunya ialah materi medan magnet. Sehingga, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat menyalurkan informasi kepada siswa. Ini memungkinkan guru untuk merancang media pembelajaran yang bervariasi melalui representasi yang dinamis seperti Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi medan magnet yang dikembangkan. Penelitian ini berjenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Uji kelayakan dilakukan dengan validasi oleh 5 validator yaitu 2 ahli media, 2 ahli materi, dan 1 pendidik. Respon siswa didapatkan dari uji coba produk kepada 96 siswa kelas XII. Hasil uji kelayakan dari aspek media mendapatkan persentase sebesar 91% dengan kriteria sangat layak dan aspek materi sebesar 89% dengan kriteria sangat layak, yang secara keseluruhan memiliki persentase sebesar 90% dengan kriteria layak. Hasil respon peserta didik memiliki persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan respon siswa, maka media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi medan magnet layak untuk digunakan dalam mendukung pembelajaran fisika.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality Pada Materi Medan Magnet |
---|---|
Pengarang | MUHAMMAD SHOLEH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH p 2023 |
Subyek | Augmented Reality ADDIE Respon Siswa Uji Kelayakan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan MIPA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY