Detail Cantuman Kembali
Rani Mardayanti - Personal Name

Ekstrak Metanol Daun Tabat Barito (Ficus deltoidea Jack) Sebagai Bahan Dasar Salep Luka Sayat Pada Hewan Mencit Jantan (Mus musculus L)


Rani Mardayanti. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman. 2023. Ekstrak Metanol Daun Tabat Barito (Ficus deltoidea Jack.) sebagai Bahan Dasar Salep Luka Sayat Mencit (Mus musculus L). Dibimbing oleh Dr. Retno Aryano, M.Si dan Dr. Hetty Manurung, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dari ekstrak metanol daun tabat barito sebagai bahan dasar salep terhadap proses penyembuhan luka sayat pada mencit. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan tujuh kelompok perlakuan (tiga kali ulangan) yaitu Kontrol (-), Kontrol (+) Povido Iodine, Kontrol (+) Vaseline dan salep dengan konsentrasi (20%, 40%, 60%, dan 80% ekstrak metanol daun tabat barito). pada bagian punggung mencit dibuat luka sayat dengan panjang 1 cm dan kedalaman 1 mm. Pengolesan salep ekstrak metanol daun tabat barito dilakukan setiap hari sekali dan dilakukan pengukuran panjang luka pada hari ke 0, 3, 6, 9. 12, dan 15. Dilakukan parameter pendukung lainnya yaitu uji kadar hydroksiproline dan uji total DNA dengan menggunakan jaringan kulit baru pada hari ke-15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada salep ekstrak metanol dengan konsentrasi 80% serta dengan pembandingan Kontrol (+) Povido Iodine di hari ke-15 menunjukkan persentase penyembuhan luka telah mencapai 100%. Hasil pengukuran kadar hydroksiproline menunjukkan bahwa seluruh konsentrasi salep tidak berbeda nyata dengan pembanding Kontrol (+) Povido Iodine. Dilihat dari hasil pengukuran total DNA, perlakuan salep dengan konsentrasi 80% menunjukkan adanya beda nyata dengan pembanding kontrol (+) Povido Iodine. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian salep ekstrak metanol daun tabat barito 80% dengan pemberian povido iodine pada luka memiliki potensi penyembuhan luka yang lebih cepat dibandingkan dengan kontrol dan perlakuan lainnya.

Kata Kunci: Tabat Barito, Mencit, Penyembuhan Luka

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Ekstrak Metanol Daun Tabat Barito (Ficus deltoidea Jack) Sebagai Bahan Dasar Salep Luka Sayat Pada Hewan Mencit Jantan (Mus musculus L)
Pengarang Rani Mardayanti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RAN e 2023
Subyek Tabat Barito, Mencit, Penyembuhan Luka
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua