PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGARUH KALOR TERHADAP SUHU DAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS V SDN 007 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Imelda Theresa, 2023. Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pengaruh Kalor Tehadap Suhu dan Wujud Benda pada Siswa Kelas V SDN 007 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2022/2023. “Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si., sebagai Dosen Pembimbing I dan Drs. H. La Djangka,
M.Pd., sebagai Dosen Pembimbing II”.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Materi Pengaruh Kalor Terhadap Suhu dan Wujud Benda, Model Pembelajaran Learning Cycle 5E.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 007 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2022/2023 khususnya pada muatan IPA. Rumusan Masalah dalam penelitian ini “Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda menggunakan model Learning Cycle 5E pada siswa kelas V SD Negeri 007 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2022/2023?”. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda menggunakan model Learning Cycle 5E pada siswa kelas V SD Negeri 007 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran 2022/2023 di SD Negeri 007 Samarinda Ilir. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V-B SDN 007 Samarinda Ilir yang berjumlah 29 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA materi pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda melalui model pembelajaran Learning Cycle 5E. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus ratarata, rumus persentase, dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA materi pengaruh kalor tehadap suhu dan wujud benda melalui model pembelajaran Learning Cycle 5E pada siswa kelas V SD Negeri 007 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2022/2023. Hasil penelitian membuktikan nilai rata-rata IPA pada pra siklus sebesar 51,72 dengan persentase siswa yang tuntas 17,24%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus sebesar 30% dari nilai pra siklus dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,24 dan persentase siswa yang tuntas 48,28%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat sebesar 56,67% dari nila pra siklus dengan nilai rata-rata sebesar 81,03 dan persentase siswa yang tuntas 82,76%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGARUH KALOR TERHADAP SUHU DAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS V SDN 007 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Imelda Theresa - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI IME p 2023 |
Subyek | Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Learning Cycle 5E. Materi Pengaruh Kalor Terhadap Suhu Wujud Benda |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY