Detail Cantuman Kembali
HASNIAR - Personal Name

Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran IPA Materi Gaya Berbasis Nearpod

Media interaktif sangat dibutuhkan diera revolusi 4.0 karena sangat mempermudah guru dalam mendidik peserta didik. Media interaktif membuat proses pembelajaran yang menarik dengan menggabungkan visual dan audio. Salah satu media yang menarik dan menggunakan teknologi adalah media interaktif berbasis Nearpod. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik mengenai Media Interaktif Berbasis Nearpod pada Pembelajaran IPA Materi Gaya.

Pengembangan media interaktif berbasis Nearpod ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara kepada wali kelas sebelum penelitian, observasi dikelas IV C sebelum penelitian, dan angket yang diisi oleh ahli media sebagai validator dan peserta didik. Subjek penelitian yang terlibat adalah 2 dosen sebagai ahli media dan ahli materi dan 28 peserta didik. Waktu penelitian pada tanggal 05 April 2023.
Berdasarkan hasil uji kelayakan dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Interaktif Berbasis Nearpod pada Pembelajaran IPA Materi Gaya dinyatakan “Sangat Layak dan Bagus” digunakan. Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran interaktif yang dapat di akses oleh peserta didik di aplikasi Nearpod yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Penilaian kelayakan dari ahli media diperoleh nilai 86% kategori “Sangat layak”, ahli materi diperoleh nilai 98,4% kategori “Sangat Layak”, dan respon peserta didik diperoleh nilai 92,5% kategori “Sangat Bagus”.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran IPA Materi Gaya Berbasis Nearpod
Pengarang HASNIAR - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HAS p 2023
Subyek Pengembangan
Pembelajaran IPA
Media Interaktif
Nearpod
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua