Detail Cantuman Kembali
Resma Anggreni - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 7 MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN WORD SQUARE MELALUI MEDIA KARTON PADA SISWA KELAS V SEKOLA H DASAR NEGERI 005 LOA JANAN ILIR TAHUN PEMBELA JA R AN 2022/2023

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Loa Janan Ilir tahun pembelajaran 2022/2023 khususnya mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema 7 materi perubahan wujud benda dengan strategi pembelajaran word square melalui media karton di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Loa Janan Ilir tahun pembelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dua pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa-siswi kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Loa Janan Ilir yang berjumlah 30 siswa dan objek penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA di setiap siklusnya dengan menggunakan strategi pembelajaran Word Square. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase, dan grafik.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar dari data awal sebesar 65 dengan persentase siswa yang tuntas 43% sebanyak 13 siswa, kemudian meningkat menjadi 66 pada siklus I dengan persentase siswa yang tuntas 60% sebanyak 18 siswa sehingga persentase peningkatan hasil belajar dari data awal menjadi 2%. Pada silklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 81 dengan persentase peningkatan dari data awal sebesar 20% dan persentase siswa yang tuntas sebesar 83% sebanyak 25 siswa. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda melalui strategi pembelajaran word square pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Loa Janan Ilir Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 7 MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN WORD SQUARE MELALUI MEDIA KARTON PADA SISWA KELAS V SEKOLA H DASAR NEGERI 005 LOA JANAN ILIR TAHUN PEMBELA JA R AN 2022/2023
Pengarang Resma Anggreni - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RES p 2023
Subyek Hasil Belajar
Perubahan Wujud Benda
IPA
Strategi Word Square
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua