Detail Cantuman Kembali
CANDRA WIJAYA - Personal Name

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI PETANI MELAKUKAN USAHATANI PADI SAWAH (Oryza sativa L.) DI DESA REMPANGA KECAMATAN LOA KULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

CANDRA WIJAYA. Faktor-faktor Yang Memotivasi Petani Melakukan Usahatani Padi Sawah (Oryza sativa L.) Di Desa Rempanga Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2023. (di bawah bimbingan Dina Lesmana dan Siti Balkis).
Motivasi yang ada pada seseorang merupakan pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai tujuannya. Padi merupakan tanaman pangan yang sangat penting karena beras masih digunakan sebagai makanan pokok bagi sebagian besar penduduk dunia sampai sekarang. Kecamatan Loa Kulu merupakan salah satu penghasil pertanian tanaman pangan komoditas padi sawah bagi Kabupaten Kutai Kartanegara. Petani sebagai pengelola usahatani tentunya mempunyai motivasi untuk menjalankan serta mengembangkan usahataninya. Petani di Desa Rempanga memilih membudidayakan tanaman padi sawah tentunya karena mempunyai kesempatan dan motivasi yang dipengaruhi oleh faktor tertentu antaara lain umur, pendidikan, luas lahan, pendapataan, lingkungan sosial, dan jumlah tanggungan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor yang memotivasi petani dan mengetahui tingkat motivasi petani dalam usahatani padi sawah di Desa Rempanga.
Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Maret 2022 hingga April 2022 di Desa Rempanga Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Penentuan sampel dari penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 31 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi petani dalam usahatani padi sawah di Desa Rempanga Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu faktor yang paling memotivasi petani dalam usahatani padi sawah adalah faktor lingkungan sosial dengan skor 27. Faktor lainnya adalah faktor umur dengan skor 8, faktor pendidikan dengan skor 14, faktor luas lahan dengan skor 11, faktor pendapatan dengan skor 10, dan faktor jumlah tanggungan dengan skor 8. Tingkat motivasi petani dalam usahatani padi sawah di Desa Rempanga Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu faktor umur, pendidikan, jumlah tanggungan, luas lahan, pendapatan, dan lingkungan sosial memperoleh tingkat motivasi tinggi dengan skor rata-rata 78.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI PETANI MELAKUKAN USAHATANI PADI SAWAH (Oryza sativa L.) DI DESA REMPANGA KECAMATAN LOA KULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang CANDRA WIJAYA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI CAN f 2023
Subyek Faktor-faktor, Motivasi, Padi sawah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua