Pengaruh Metode Cooperative Script Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas XI Sman 1 Linggang Bigung
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta seberapa besar signifikansi pengaruh metode pembelajaran Cooperative Script terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN 1 Linggang Bigung. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan posttest – only control design. Sampel yang di gunakan terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen (XI IPS 1) dan kelas kontrol (XI IPS 2). Pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian uji hipotesis yang dilakukan berdasarkan data Koefisien diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dari data tersebut signifikansi 0,0000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak. Karena Ho ditolak maka Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh Hubungan antara metode pembelajaran Cooperative Script terhadap minat belajar siswa, Besarnya Koefisien variabel X dan Y pada kelas eksperimen adalah 0,768 sehingga di kategorikan tingkat korelasi kuat yaitu pada rentang 0,6 – 0,799. Hal ini membuktikan bahwa siswa perlu metode pembelajaran yang lebih menarik kreatif dan inovatif lagi dalam membantu guru menyampaikan materi pembelajaran di dalam kelas. Dan metode pembelajaran Cooperative Script dapat digunakan dalam proses pembelajaran sejarah di kelas
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Metode Cooperative Script Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas XI Sman 1 Linggang Bigung |
---|---|
Pengarang | Aprisa Nisa Amping - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI APR p 2023 |
Subyek | metode cooperative script, minat belajar sejarah |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | pendidikan sejarah |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY